Senin, 11 Oktober 2010

Design Transmitter Saya

Sudah berbagai jenis tube/lampu pemancar dan juga transistor, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan tube/lampu, alasannya awet, ngak mudah rusak, salah operasikan masih aman, dan mudah untuk mengatur zero beat, buffer, driver dan juga final.
Sebagai gambaran garis besar:
Oscillator, saya menggunakan 12by7a
dengan tegangan yang teregulasi pada plate 210 V DC dan screen 105 V DC.
Berikutnya dengan rangkaian Cathode Follower menggunakan tube/lampu ecc83,
dengan tegangan plate 210 V DC
Pada tingkatan buffer saya menggunakan tube/lampu 6L6GT
dengan tegangan Plate sekitar 400 V DC, arus maksimun kurang lebi 40 sd 60 mA.
Sedangkan pada rangkaian Driver saya menggunakan 2 buah 12gb7,
dengan tegangan plate sebesar 450 V DC, dan arus maksimun yg saya gunakan sekitar 50 sd 100 mA.
Yang terkshir pada rangkaian final menggunakan tube/lampu 4 buah 813,
dengan power tegangan variasi antara lain 850 VDC, 950 VDC, 1750 VDC, dan klu lagi pengin coba tegangan 2115 VDC, dengan arus variasi antara 100 mA sd 500 mA.

Masing2 filament dengan tegangan terpisah, rata2 2 A, sedang final dan modulasi 2 bh trafo 10 V CT, 50 A.

Untuk modulasi menggunakan ocl Senken 2 set, setelah itu masuk rangkaian IT dan di linear modulasikan denga 4 buah tube/lampu 813.

Terkadang klu bosan dengan modulasi tube, saya menggunakan OT saja dengan keren 50 A, dengan input OCL saja. Teganan OCL sekitar 65 VDC.

Dismping itu sytem interface antara receive dan transmitter saya menggunaka MIXER ORINO buatan Taiwan 8 Chanel.

Mungkin ini gambaran yang saya gunakan, jika ada yg berminat skema detai dari perangkat saya akan saya buatkan, untuk bahan perbandingan anda.

Terima kasih,
Salam Persahabatan,
OSCAR DELTA RADIO RONGSOKAN KOTA TEGAL JAWA TENGAH amit mundur 73 CERIO.

5 Komentar:

Blogger Adi Is mengatakan...

tampilkan skema dan fotonya dong mas odik.
anda nanya frequency counter untuk apa ?
silahkan mail ke : adiis2009@gmail.com
nanti akan saya jelaskan.
rancangan ssb saya hampir rampung, rancangan yang dahulu komponennya sulit didapat, jadi saya rubah total.

salam,

adiis, jakarta

5 Desember 2010 pukul 03.18  
Blogger jintomank.blogspot.com mengatakan...

Wah mas adi dah bisa bwat ssb aku aja blum bisa tuh ruwet banget sih, punya blog gak mas kalau ada nanti aku link di blogku. agustomank.wordpress.com

13 Desember 2010 pukul 20.54  
Blogger MobineSSia mengatakan...

Pak sodik, mau tanya. Berapa harga OT426 di Tegal?
Terimakasih.

15 Juni 2012 pukul 19.17  
Blogger Unknown mengatakan...

halo mas odik lama ga jupa harapan sehat mamin,dari kebumen reno

6 Juli 2012 pukul 23.19  
Blogger Unknown mengatakan...

mas odik pemancar saya 807 tolong di hidupkan lagi dan saya punya tub 813 1buah klo di tambahkan bisa ga???klo saya antar ke tegal gimana,saya tunggu sampe jadi

6 Juli 2012 pukul 23.24  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda